Arsip

Topik

Edukasi (13) Urban Farming (12) Ekologi (11) Ekonomi (4) Akbun (1) Buku (1)

Follow yuks

Iklan


greeners.co

Potret Bekasi Berkebun

Partner Kolaborasi


Bijak Kelola Sampah

Iklan


Berwisata sambil belajar berkebun
-
Home » » Bekasi hijau dengan Edukasi, Ekologi dan Ekonom

Bekasi hijau dengan Edukasi, Ekologi dan Ekonom

Written By Bekasi Berkebun on Kamis, 24 September 2015 | 20.54

http://4.bp.blogspot.com/-GWKwqmT3dbo/UQcTV_g8aLI/AAAAAAAAE04/aM24eOEOnH0/s1600/IMG_7086.JPG

Mau beli cabe, tapi harganya mahal. Mau bikin sup, tapi tukang sayur tidak kunjung lewat. Terus harus bagaimana? Tenang, kenapa tidak mencoba untuk berkebun sendiri di pekarangan rumah? Atau, kalau tidak tahu bagaimana cara berkebun yang baik hingga menghasilkan panen yang sesuai dengan keinginan, kita juga bisa bergabung di beberapa komunitas peduli lingkungan yang memang fokusnya pada bercocok tanam.
Berkebun bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih saat mendapati hasil kebun yang kita tanam tumbuh segar dan berbuah. Rasa puas pun akan datang menyelimuti. Namun sayangnya, begitu minim jumlah ruang terbuka hijau selalu menjadi kendala.
Komunitas Bekasi Berkebun, salah satu dari jejaring komunitas Indonesia Berkebun, adalah komunitas yang juga merasakan minimnya ruang terbuka hijau ini, khususnya untuk wilayah kota Bekasi.
Padahal, dengan suasana kebun yang asri, pemandangan kota akan menjadi nyaman dan mengurangi tingkat stres orang-orang yang telah lelah dengan padatnya aktivitas kota. Dengan berkebun, badan pun akan menjadi lebih sehat karena lingkungan menjadi bersih dan udara pun semakin segar.
Bekasi Berkebun sendiri memiliki konsep 3E yang diusung sebagai dasar untuk mengampanyekan Bekasi hijau. Humas Bekasi Berkebun, Winartania Massie, menjelaskan, 3E yang dimaksud itu adalah Edukasi, Ekologi dan Ekonomi, yang mana ketiga hal tersebut dirangkum menjadi satu kegiatan untuk menghijaukan lingkungan.

Menyiapkan lahan untuk berkebun. Foto: greeners.co/Danny Kosasih

“Edukasi itu bagaimana mengajarkan masyarakat tentang pentingnya berkebun, lalu Ekologi itu bagaimana dengan berkebun kita bisa mengembalikan kesuburan tanah yang tidak terpakai dan menjadi lebih produktif. Terakhir, Ekonominya itu bagaimana kita mengarahkan supaya dengan berkebun, paling tidak bisa mencukupi sebagian kebutuhan sayur dan buah untuk keluarga. Jadi dari berkebun juga bisa dijual hasil panennya atau tidak usah belanja lagi, mengurangi pengeluaran belanja diluar,” tutur Winar kepada Greeners saat dijumpai pada sela-sela acara syukuran ulang tahun Bekasi Berkebun yang ketiga di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, Bekasi Utara, Minggu (19/10).

Komunitas yang berdiri pada tanggal 4 Oktober 2011 ini juga memiliki lahan pertanian bersama yang di pinjamkan oleh Kepala KPP Pratama, Bekasi Utara dan digarap oleh beberapa orang anggota Komunitas Bekasi Berkebun. Secara bersama-sama, mereka merubah lahan kosong yang tadinya kering dan tak terurus menjadi sebuah kebun sayur yang rimbun dan hijau.
Sedangkan untuk minimnya ruang terbuka hijau di Kota Bekasi sendiri, Winar mengungkapkan sebenarnya di Kota Bekasi ada banyak lahan kosong yang terbengkalai dan bisa dijadikan sebagai ruang terbuka hijau oleh Pemerintah Kota Bekasi. Hanya saja, menurut Winar, mungkin koordinasi yang kurang baik dibadan pemerintahan membuat lahan-lahan tersebut tidak dimanfaatkan.
“Bekasi ini minim sekali memang ruang terbuka hijaunya, taman bermain anak saja sedikit sekali,” jelasnya.
Untuk masyarakat sendiri, Winar juga mengharapkan ada kesadaran untuk mulai menghijaukan lahan-lahan kosong dengan berkebun. Sehingga Kota Bekasi bisa terlihat lebih asri dan nyaman untuk ditinggali.
“Yah, paling enggak di pekarangan rumah sendiri aja dulu. Ayolah, pekarangan mulai dihijaukan dengan berkebun,” pungkasnya.
(G09)

Sumber: Greeners.co
SHARE

About Bekasi Berkebun

0 komentar :

Posting Komentar

Bekasi Berkebun itu.?

BEKASI BERKEBUN sebagai bagian jejaring kota dari Indonesia Berkebun. Bekasi Berkebun menjadi bagian dari 32 jejaring kota dan 8 kampus. Turut menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming. Gerakan Bekasi Berkebun selain berdasarkan peran serta partisipasi masyarakat kelak dapat bersinergi dengan kegiatan Pemerintahan Kota Bekasi yang sejalan dengan visi dan misi yang dimilikinya.
Subscribe Via Email

Sign up for our newsletter, and well send you news and tutorials on web design, coding, business, and more! You'll also receive these great gifts: